Monday, May 14, 2007

contoh silabus



PasarBisnis




SILABUS

Nama Sekolah : Sekolah Dasar Negeri Pondok Bambu 14
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV/1
Standar kompetensi : 1. Mendengarkan
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan symbol
daerah atau lambang korps.
2. Berbicara
Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan
petunjuk penggunaan suatu alat.
3. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tetulis
dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Indikator
Pengalaman Belajar
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
Denah
· Mendengarkan penjelasan petunjuk denah
· Mencatat hal-hal penting dari penjelasan
· Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
· Membuat denah perjalanan dari rumah siswa ke sekolah

· Mendengarkan penjelasan tentang denah dengan cermat
· Mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru
· Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
· Membuat denah perjalanan dari rumah siswa ke sekolah dengan runtut
Tes tertulis saat membuat denah

2X35’

Gambar/
denah
Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
Denah
· Menyimak penjelasan gambar/denah suatu tempat
· Menjelaskan urutan perjalanan menuju tempat tertentu
· Menjelaskan secara rinci satu tempat tertentu dalam denah dengan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang runtut

§ Memperhatikan/mengamati gambar/denah
§ Menjelaskan tanda-tanda dalam denah (arah mata angin)
§ Menjawab pertanyaan tentang denah
§ Menjelaskan secara rinci urutan perjalanan menuju tempat tertentu dari suatu denah dengan kalimat yang runtut
§ Menjelaskan secara rinci suatu denah dengan kalimat yang runtut

Kinerja: saat mendes-kripsikan denah


2X35’
Denah /gambar
Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu
Cerita rumpang tentang suatu tempat
§ Membaca cerita
§ Melengkapi bagian awal, tengah, atau akhir cerita yang hilang sehingga menjadi cerita yang utuh/padu
§ Menulis cerita yang utuh/padu dengan memperhatikan EYD
§ Membaca dalam hati cerita rumpang
§ Mengisi cerita rumpang dengan kata yang tepat
§ Menulis cerita dengan EYD yang tepat
Tes tertulis
2X35’
Cerita rumpang



RENCANA PERSIAPAN PENGAJARAN

Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas Semester : IV/1
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut.
Indikator : - Menjelaskan simbol-simbol dalam denah (arah mata angin, tempat umum)
- Menjelaskan secara rinci satu tempat tertentu dalam denah dengan kalimat yang runtut

I. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat memahami tanda/simbol dalam denah
- Siswa dapat mencatat hal-hal penting yang akan dideskripsikan
- Siswa dapat menjelaskan urutan perjalanan menuju tempat tertentu dengan kalimat yang runtut

II. Materi Pokok : Denah sekolah/ lingkungan

III. Metode : diskusi, modelling (pemodelan), penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal
· Siswa diajak bernyanyi lagu ”Naik-Naik ke Puncak Gunung”
· Guru bertanya tentang tempat-tempat yang pernah dikunjungi siswa
Mis: tempat pariwisata, rumah kerabat
· Guru menanyakan hal lain, seperti jarak (jauh-dekat), bangunan/tempat apa saja yang dilihat selama melewatii tempat itu.



Kegiatan Inti
· Siswa mencermati denah sederhana tentang suatu tempat
· Siswa mencermati dan mendiskusikan simbol-simbol dalam denah, misalnya arah mata angin (U=utara B=Barat T=Timur S= Selatan), rumah ibadah, tempat umum (rumah makan, pom bensin, dll)
· Guru menugaskan siswa mencatat hal-hal penting dari denah yang akan dideskripsikan
· Siswa mendeskripsikan denah berdasarkan hal-hal penting yang telah dicatat dengan menggunakan kalimat yang runtut
· Siswa dan guru tanya jawab tentang pendeskripsian denah
· Guru menanyakan kepada siswa lain tentang kejelasan pendeskripsian denah temannya.
· Guru dan siswa mendiskusikan bagaimana cara mendeskripsikan denah secara jelas
· Guru memberi penguatan cara mendeskripsikan denah suatu tempat


Kegiatan Penutup
· Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.


V. Alat dan Sumber Belajar:
- contoh denah
- buku teks


VI. Penilaian

Format Penilaian Mendeskripsikan Denah

No.
Aspek
Skor
1.
Keruntutan Kalimat
runtut
kurang runtut
tidak runtut


5
3
1
2
Keberanian
berani
malu-malu

3
1


No comments: